Thursday, August 20, 2015

Menyantap Ayam Goreng Khas Saudi Arabia

Menu Chicken Broast ala AlBaik
Melihat antrean di resto cepat saji khas Arab Saudi - AlBaik sudah barang tentu menjadi kegiatan yang menantang. Karena antri menjadi pemandangan rutin saat akan makan di resto ini. Mesti tahu waktu sela saat akan mau makan. Karena resto ini memang menjadi pilihan favorit banyak orang.
Jadi, pilihannya memang melepas rasa penasaran dengan rasa ayam goreng Al Baik dengan rela antre, atau mencari ayam goreng sejenis beda merk yang juga masih bisa di temukan di Madinah.
Aku? Tentu saja pilihan jatuh yang kedua, minta sopir banting stir cari resto sejenis yang lokasinya dekat Sultonah Road.
AlBaik dibandingkan dengan resto cepat saji sejenis produk Amerika semacam KFC dan McDonald memang jauh populer. Bisa dikatakan, orang rela antre di depan pintu resto meski resto belum buka. Tapi, yang namanya rejeki, tak perlu antre sekalipun tersaji AlBaik di meja kerja. Ini namanya rejeki.
Chicken Broast di Madinah
Kalau melihat laman resmi AlBaik, maka bisa diketahui kalau resto ini berdiri sejak tahun 1974 oleh Shakkour Abu Ghazalah di Jeddah, di mana saat itu ia menyulap rumah tuanya menjadi resto cepat saji. Namun, baru di tahun 1984 ia menemukan 18 resep rahasia restonya ini, yang dilanjutkan dengan mendapatkan Al Baik ke Departemen Makanan di Arab Saudi pada tahun 1986.
Menu utamanya adalah Chicken Broast. Broast ini merajuk pada sistem penggorengan dengan menggunakan alat masak bernama Broaster Fryer Pressure.
Broaster Fryer Pressure
Jadi, pilihan menyantap resto cepat saji bisa menggantinya dengan Chicken Broast. Resto Chicken Broast sejenis AlBaik ini mudah ditemukan di Madinah.
Satu porsi single Chicken Broast seharga 7 Riyal sudah dilengkapi dengan dua potong ayam, kentang, dan roti.
Namun, jangan samakan dengan menyantap ayam goreng seperti di Indonesia. Di sini, selain kentang goreng, karbohidrat pendampingnya adalah roti hotdog. Makannya disobek-sobek seperti orang arab makan roti pita. Nah, roti sobek ini dicocol dengan saus bawang putih atau garlic sauce.

No comments:

Post a Comment