Saturday, April 30, 2016

Telusur Pantai Pulau Belitung

Pantai Tanjung Pendam 
Pantai di Pulau Belitung itu punya karakteristik ombaknya yang tenang dengan kontur pantai yang landai, menjorok jauh dari bibir pantai. Pun jika sedang surut - pantai berubah jadi daratan yang mungkin bisa berjalan ke pulau yang tak jauh dari bibir pantai. Berikut beberapa pantai yang bisa menjadi tema wisata Telusur Pantai Pulau Belitung.
Pantai Tanjung Pendam
Lokasinya berada 1 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Aksesnya mudah terjangkau dan menjadi titik temu warga dengan beragam aktivitas. Pagi biasa digunakan untuk olahraga, dan sore untuk bercengkrama plus menikmati detik-detik matahari terbenam. Di pantai ini, pengunjung bisa melihat Pulau Kalimua yang berada di tengah Pantai Tanjung Pendam. Sama halnya ketika berada di Pantai Gusong Bugis pun kita bisa "berjalan kaki" menuju Pulau Kalimua jika air laut surut.

Pantai Serdang - Manggar
Pantai Serdang
Berada 90 km dari kota Tanjungpandan. Tepatnya di Desa Baru, atau 1 kilometer dari pusat kota Manggar. Pantai yang populer di Manggar ini menghadap laut Cina Selatan di sisi timur pulau Belitung. Pantai ini menjadi tempat tenggelamnya matahari di Belitung. Pantai ini punya karakteristik pantai berpasir putih dan ombaknya yang tenang. Pun banyak pohon pinus di pesisirnya.

Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Letaknya 31 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Dengan kontur jalan lurus dan beraspal mulus, maka menjadi pengalaman yang menyenangkan bisa bermotor menuju pantai yang kian dikenal sejak menjadi lokasi pengambilan gambar film Laskar Pelangi. Kekhasan dari pantai ini adalah bebatuan granit berukuran besar yang berderet di dua sisi pantai. Menelusuri bibir pantai di antara sela bebatuan granit adalah kenikmatan tersendiri. Bahkan, ada batu granit yang memungkinkan kita berjemur, atau bersandar sekalipun. Ombak pantainya pun tenang, dengan pasir pantai yang halus dan tidak lengket atau tidak membuat sakit pada telapak kaki. Cobalah berjalan agak jauh dari bibir pantai dan sesapi ombaknya.

Pantai Gusong Bugis
Pantai Gusong Bugis
Lokasinya di Desa Juru Seberang. Dari bibir pantai ini, bisa melihat deretan hotel yang berada di Pantai Tanjung Pendam. Meski terlihat tampak dekat, namun untuk mencapai lokasi ini perlu waktu sekira 25 menit berkendara motor menyusuri jalan beraspal. Baru kemudian, belok kanan mengikuti arah penunjuk jalan masuk ke Kawasan Hutan Kemasyarakaan Seberang Bersatu. Dari parkir kendaraan kita perlu berjalan kaki menyusuri hutan bakau dan tambak ikan milik warga lokal. Pantai ini landai dengan ombak yang tenang. Di tepian pantai banyak tumbuh pohon pinus.

No comments:

Post a Comment