Monday, September 8, 2014

Sehari di Kota Kambing - Guangzhou, Tiongkok

Kota Guangzhou di Provinsi Guangdong, Tiongkok, dapat ditempuh melalui perjalanan udara dari Jakarta selama 5 jam. Guangzhou ini adalah kota terbesar ketiga setelah Beijing dan Shanghai, dan merupakan kota bisnis yang paling maju. Juga dikenal sebagai kota budaya dan kota sejarah.
Dan sekiranya tidak punya banyak waktu berada di Guangzhou, maka tiga lokasi ini bisa jadi rekomendasi mencoba rute baru di Guangzhou:
1. YueXiu Park
5 Goats Statue @ YueXiu Park
Taman seluas 86 hektar ini berada di tengah kota Guangzhou dan merupakan taman terbesar di kota ini. Tidak hanya menikmati rimbunan pohon, di taman kota ini juga bisa dilihat patung lima ekor kambing. Patung inilah yang menjadi ikon Guangzhou, sehingga populer disebut sebagai 'Kota Lima Kambing'. Menurut legenda, lima ekor kambing ini adalah jelmaan dewa yang mengubah kota Guangzhou yang dulunya tandus, menjadi subur.

2. Sun Yat Sen Memorial Hall 
Memorial Hall
Old Pavement on Beijing Road
Ini menjadi lokasi yang tepat untuk yang suka dengan wisata sejarah. Sun Yat Sen Memorial Hall dibangun pada tahun 1929 untuk mengenang perjuangan Dokter Sun Yat Sen, seorang revolusioner Tiongkok dan juga merupakan presiden pertama Republik Rakyat Tiongkok. Di depan bangunan berbentuk segi delapan ini, terdapat patung perunggu dari Sun Yat Sen.

3. Beijing Lu (Beijing Road)
Beijing Lu merupakan kawasan yang dikhususkan untuk wisata pedestrian. Di sini berjejer pertokoan dan restoran yang menarik. Satu hal yang membuat Beijing Lu menarik adalah keberadaan monumen sebuah jalan kuno atau Relic of Millenium - Old Pavements on Beijing Road yang dibangun oleh Dinasti Qing.

No comments:

Post a Comment