Thursday, December 10, 2015

Eksotika Pantai Bama di Balik Baluran

Pantai Bama - RB
Pantai Bama adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang berada di Provinsi Jawa Timur. Pantai berpasir putih ini ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran atau berjarak sekira 4 km dari Savana Bekol TN. Baluran. Atau, jika ditotal dari pintu gerbang utama TN. Baluran, maka lokasi Pantai Bama adalah sejauh 18 km. 14 km pertama adalah jarak dari gerbang utama ke Savana Bekol.
Dibandingkan dengan pantai kebanyakan, Pantai Bama ini termasuk pantai sepi pengunjung. Mereka yang datang ke TN. Baluran sajalah yang kemudian mampir ke pantai ini. Pantainya juga bersih, serta memiliki ombak yang tenang. Pas untuk menyewa perahu atau kano dengan membayar sejumlah rupiah untuk berkeliling di sekitar pantai.

Selain dikenal dengan pantai pasir putih yang bersih dan tenang, Pantai Bama juga berada pada lokasi yang sangat menguntungkan untuk melihat matahari terbit. Karena memang pantai ini menghadap ke arah timur.
Nah, jika memang ingin menangkan momen matahari terbit, baiknya menginap di penginapan di Pantai Bama. Sejumlah fasilitas juga tersedia untuk kenyaman pengunjung. Mulai dari kantin, kamar mandi, dan mushola. Tapi, hati - hati jika membawa logistik ke pantai ini karena di sekitar pantai banyak kera-kera liar yang siap merampas makanan pengunjung saat lengah.
Keunikan Pantai Bama adalah lokasinya yang dikelilingi hutan mangrove.
Jenis mangrove yang ada di kawasan ini adalah Rhizopra yang akarnya mirip jangkar. Bentukan jangkar ini kian terlihat kalau air sedang surut.Ada pula mangrove jenis Kapidada atau dalam bahasa latin Sonneratia Alba yang merupakan mangrove terbesar se- Asia.
Hutan mangrove ini berada di sisi barat pantai dan pengunjung bisa masuk ke kawasan hutan bakau ini dengan berjalan di Mangrove Trail. Mangrove Trail ini semacam jalan di atas jembatan yang diperuntukan untuk melintasi hutan mangrove. Nah, Mangrove Trail ini berujung pada sebuah gardu pandang yang memungkinkan pengunjung untuk melihat lepas tanpa halang selat Bali.
Untuk mencapai lokasi ini, tidak ada cara lain selain dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

No comments:

Post a Comment