Friday, January 29, 2016

Desa di atas awan itu di Bantul (Part 3)

Jam 05:00. Pagi hari di Mangunan.
Pak Narjo menetapi janjinya untuk menemaniku ke Kebun Buah Mangunan.
Kami menuju lokasi beriringan.
Jalan desa yang beraspal ini basah.
Semalam memang aku dengar hujan cukup deras. Itu sebab aku tidak berani melajukan motorku dengan cepat. Meski harap - harap cemas takut matahari terbit lebih cepat. Tapi, Pak Narjo bilang, matahari di Mangunan terbit jam 05:15 - kurang lebih.
Tidak lama perjalanan dari homestay ke lokasi. Dan Pak Narjo mengantarkanku hingga sampai parkir. Sejumlah pegawai perkebunan ternyata kenal dekat dengannya.
Ia kemudian pamit karena harus mengantarkan anaknya ke sekolah.
Membiarkanku sendiri di lokasi ini?
Tidak.
Yang jelas jelas dalam dugaanku kalau memang pengunjung Kebun Buah Mangunan ini sudah banyak. Ku duga mereka telah sejak dini hari berada di sini. Hebat sekali perjuangan mereka untuk mendapatkan pemandangan ganda di sini.
Pemandangan ganda? Yes, pemandangan yang pertama adalah pemandangan saat matahari terbit. Kedua adalah pemandangan saat hamparan kabut berada di atas puncak Kebun Buah Mangunan. Pak Narjo saat dalam perjalanan ke lokasi mengatakan, jika malamnya hujan, maka besar kemungkinan kabut tebal akan berada di Kebun Buah Mangunan. Dan ternyata benar adanya.

Makanya bisa disebut juga Negeri Atas Awan Bantul itu yah dari Kebun Buah Mangunan.
Saat kabut sedang tebal inilah yang memang menjadi objek foto wisatawan kebanyakan. Dan efek foto inilah yang menjadi magnet wisatawan rela datang pagi buta ke Mangunan.
Tebing yang berbatas pagar dengan pemandangan tanpa halang inilah yang indah luar biasa. Dari ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, tidak hanya hamparan kabut dengan terpaan sinar matahari pagi, tapi juga liukan sungai Oya.
Saat aku berada di lokasi, indahnya itu luar biasa - saat kabut berarak di atas sungai Oya dengan batas perbukitan di kanan kirinya.
Selain bersandar pada pagar pembatas yang cukup panjang melingkari tepian tebing, Gardu pandang juga menjadi salah satu favorit pengunjung. Gardu pandang ini bisa digunakan untuk santai plus melihat pemandangan aliran sungai Oya. Untuk menikmati semua pemandangan ini hanya cukup membayar limaribu rupiah saja.
Kebun Buah Mangunan yang jaraknya sekira 35 kilometer dari Jogja ini, awal pendiriannya bukan sebagai objek wisata,tapi yang untuk Kebun Buah. Toh, akhirnya kebun seluas 23 hektar ini kian populer saja, karena banyak foto yang diunduh ke media sosial.
Biasanya mereka yang datang mengambil rute dari pusat kota Jogja, tapi aku memilih rute di luar kebiasaan. Aku menggunakan rute dari Sri Gethuk via Jalan Playen Dlingo dengan bermotor.
Nah, kalau kabut masih menggantung di atas langit Desa Mangunan kecamatan Dlingo, Bantul ini, segera saja meluncur ke Hutan Pinus yang jaraknya tidak seberapa jauh.
Pagi di Desa Mangunan itu keren.

No comments:

Post a Comment