Friday, November 21, 2014

Whiskey Snake di Done Sao - Laos

Done Sao di wilayah Laos bisa menjadi tujuan wisata perbatasan. Letaknya berada di kawasan Golden Triangle dan dapat diakses melalui Provinsi Chiang Rai di Thailand. Dan umumnya berkunjung ke Done Sao sudah menjadi bagian dari paket wisata favorit yang dicari wisatawan mancanegara. Dan uniknya, wisatawan tidak perlu mengurus visa untuk berada di wilayah Laos ini. Semudah itu memang.
Untuk mencapai Done Sao wisatawan menggunakan perahu dari sisi Thailand. Perjalanan dengan perahu ini tidak langsung mengantar wisatawan menuju Done Sao. Melainkan akan menyisir sisi sungai Mekong. Dengan berperahu, pemandu wisata akan menjelaskan sejarah Golden Triangle. Termasuk didalamnya kisah keberadaan kasino, patung Budha dan No Mans Land (pulau tanpa pemilik).
Golden Triangle dikenal  sebagai titik pertemuan tiga negara - Laos, Myanmar, dan Thailand. Dulu, Golden Triangle dikenal sebagai kawasan produksi opium. Namun, saat ini, Golden Triangle lebih dikenal sebagai destinasi favorit wisatawan asing. Golden Triangle bahkan kini pun menjadi zona ekonomi tiga negara. Ini terlihat dari tulisan di tepian sungai Mekong di sisi Laos.
Sementara itu, ada opini yang berkembang, jika kawasan wisata ini adalah The Largest Tourist Trap. Alasannya? lantaran sedikit obyek wisata sejarah yang dilihat, dan akhir perjalanan di Golden Triangle ini diarahkan untuk berbelanja cinderamata di sebuah 'pasar' di wilayah Done Sao.
Begitukah?
Selang beberapa menit belajar sejarah masa lalu Golden Triangle, perahu pun merapat di sebuah dermaga. Penumpang turun dan berjalan ke sebuah bangunan. Disinilah wisatawan membayar restribusi masuk Done Sao sebesar 20 baht. Murah? Iya. Dan sebagai bukti kita telah berada di wilayah Done Sao, Laos, wisatawan mendapat secarik kertas berstempel tanggal kunjungan. Maka, secara resmi wisatawan berada di Laos.
Tenda penjual cinderamata tampak lebih dominan, kalau tidak ingin disebut banyak. Pasar? Bisa dikatakan seperti itu. Di titik ini, jangan berharap banyak dapat melihat Laos secara kesuluruhan. Luasan pasar ini tidak seberapa. Sehingga tidak cukup menyelami negara ini secara utuh. Pun merasakan denyut kehidupan masyarakat sini.
Berbelanjalah dan carilah cinderamata unik khas Done Sao. Apalagi kalau bukan Whiskey Snake. Whiskey Snake sejenis minuman dalam kemasan botol yang didalamnya terdapat ular atau kalajengking. Disebut dengan Bir Lao, minuman ini dipercaya warga lokal dapat memberikan ekstra tenaga. Lain dari itu, sila berjalan ke tempat penjualan cinderamata lainnya. Semacam, kaus, gantungan kunci, atau tempelan kulkas. Atau sekedar mencari tas yang dibuat polos tanpa merk.

No comments:

Post a Comment