Thursday, November 20, 2014

White Temple - Kuil Putih di Utara Thailand

White Temple/ Wat Rong Khun 
White Temple atau yang dikenal dengan Wat Rong Khun adalah kuil Budha yang terkenal di Chiang Rai, Thailand. Selain Clock Tower, maka bisa dikatakan White Temple adalah landmark lain di kota paling utara Thailand ini. Kuil ini dibangun pada tahun 1997. Bentuk bangunan didisain oleh Chalermchal Kositpipat, seorang seniman Thailand.
White Temple adalah kuil Budha yang kontemporer. Mengapa? Karena, pada umumnya bangunan kuil di Thailand berwarna dasar merah dengan ornamen berwarna emas. Namun, di tangan Chalermchai kuil ini didisain dengan balutan warna putih yang berkilauan. Warna putih ini berasal dari potongan kaca berukuran kecil yang ditempel pada bangunan kuil. Maka, tidaklah heran jika bangunan serba putih ini tampak mencolok dari kejauhan.
Begitu banyak bangunan simbolis di dalam komplek kuil. Di kanan dan kiri jalan masuk, terdapat gambaran neraka yang disimbolkan dengan patung tangan - tangan manusia yang menggapai ke atas. Sementara, kolam di dekat bangunan utama dengan air yang tenang dianggap sebagai simbol surga dan kehidupan.

Chalermchai Kositpipat
White Temple dibuka gratis untuk umum pada awal 2009. Meski gratis, pengunjung harus memenuhi peraturan yang berlaku. Seperti berpakaian yang sopan dan tidak menyentuh detail bangunan. Pengunjung yang tidak patuh pada peraturan akan diperingati oleh penjaga melalui pengeras suara.
Mei 2014, gempa berimbas pada kerusakan di White Temple. Meski tidak berdampak serius, namun meninggalkan jejak pada patahnya ujung bangunan kuil yang terletak di belakang kuil utama. Sampai saat ini, proses pengembangan White Temple terus berjalan.
Nah, White Temple terletak 13 kilometer dari pusat kota Chiang Rai. Mini bus khas Thailand (Song Thaew), Tuk Tuk dapat mengantar ke lokasi ini. Baik dari terminal bus lama dan terminal bus baru.
Tangan Menggapai Seolah Neraka
Selain itu, White Temple juga bisa diakses dari Chiang Mai, karena White Temple berada di jalur Chiang Mai - Chiang Rai. Semua bus dari Chiang Mai yang mengarah ke  Chiang Rai akan melewati obyek wisata ini. Selain itu, sejumlah operator tour memasukan White Temple dalam paket wisata Golden Triangle yang mencakup wisata di Chiang Rai.

No comments:

Post a Comment